Home ยป Perbedaan keramik dan granit yang paling mendasar

Perbedaan keramik dan granit yang paling mendasar

11 views

Pada umumnya keramik dan granit memiliki kemiripan yang hampir sama, namun taukah anda perbedaan secara detail dari kedua hal tersebut? Berikut ini adalah ulasan tentang Perbedaan keramik dan granitl dari segi bahan dasar, harga dan kualitas.

Bahan dasar keramik

Keramik merupakan Material dari tanah liat yang di bentuk sedemikan rupa dan telah mengalami proses pembakaran. Bahan material keramik yang dipakai adalah tanah putih, tanah merah (Feldspar), tanah liat (clay), silika, dan lainnya. Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya. Sifat-sifat material keramik dapat dicapai melalui proses pembakaran pada temperatur yang tinggi.

bahan baku keramik
bahan baku keramik sumber dari slideshare

Apa itu Granit dan berbahan dasar apa?

Granit merupakan Jenis batuan beku intrusif yang berasal dari batuan metamorphosis. Granit terbentuk dari batu kapur yang mengkristal. Granit berasal dari batu alami yang terbuat dari magma yang sudah mendingin selama bertahun-tahun. Karakteristik dasar dari batuan granit adalah memiliki butiran kasar dan berwarna cerah. Warna batuan granit memiliki banyak warna, meliputi warna merah, abu- abu, putih dan merah muda. Bisa juga ditemui dengan beberapa butiran warna gelap lain. Seperti warna hijau tua, coklat tua dan hitam. Warna tersebut diperoleh dari komposisi mineral yang terkandung dalam batuan granit.

bahan baku granit
bahan baku granit sumber dari google.com

Perbedaan mendasar antara keramik dan granit

perbedaan keramik dan granit
perbedaan keramik dan granit

Lapisan dasar granit dan keramik

Keramik memiliki 2 lapisan dasar, terdiri dari lapisan tanah liat dan lapisan glazur. Lapisan yang mirip menyerupai kaca bening dengan ketebalan 1-2mm adalah lapisan glazur. Sedangkan granit bersifat homogen yaitu baik warna, motif, dan kekuatan dari lapisan atas sampai lapisan bawah mempunyai mutu material yang sama. Berikut ini adalah penjelasan detail Perbedaan keramik dan granit.

Kualitas Bahan baku yang di gunakan

pada umumnya bahan baku keramik menggunakan ball clay, felspard, kaolin, kwarsa, dan air. Kualitas keramik ditentukan dari struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya. Oleh sebab itu sifat keramik tergantung pada lingkungan geologi bahan diperoleh. Motif keramik dibuat di atas lapisan glaze, kemudian dibakar sekali lagi sampai siap pakai. Proses pembakaran keramik sebanyak dua kali yaitu untuk meningkatkan kekerasan dan kekuatan keramik. Semakin banyak keramik tersebut dibakar, semakin indah pula hasilnya sehingga harganya pun semakin mahal. Ciri khas keramik di banding granit, adalah banyaknya pilihan warna dan Harga nya yang lebih murah. Produsen keramik terkenal di Indonesia adalah milan, roman ceramics, platinum dan lain-lain.

pada umumnya Granit memiliki sifat kedap air, kaku (rigid), non-higroskopis, dan memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah. Material granit memang lebih keras dan kuat dibandingkan dengan keramik. Selain dipasang pada lantai, granit paling dominan dipasang pada dinding bangunan. Granit sering di jumpai pengunaannya di mall, rumah sakit, apartemen, rumah mewah dan lain-lain. Produsen granit terkenal di Indonesia adalah essenza, granito, indogress, niro, monalisa, garuda tile, dan lainnya.

Granit lebih unggul dalam hal Kekuatan

Pada umumnya Granit memiliki tekstur yang keras dan lebih kuat dari pada keramik. karena hal inilah, Granit banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi lantai bangunan. keunggulan lain nya adalah Tidak mudah tergores, tidak mudah pudar, lebih terlihat mewah dan indah jika dibanding dengan keramik.

Perbandingan Harga, keramik lebih murah

untuk perbandingan daya beli masyarakat terhadap kramik dan granit, masyarakat lebih suka membeli keramik. karena Granit memiliki harga yang lebih Mahal jika dibanding dengan Keramik. Hal ini menjadi pertimbangan penting juga bagi masyarakat pada umumnya. pasalnya mereka akan tergoda dengan harga yang lebih terjangkau sebelum memilih bahan Granit untuk rumah mereka.

Kesimpulan, Kelebihan dan kekurangan

Dari segi kekuatan, granit lebih kuat dan unggul namun dari sisi harga, keramik lebih murah. Jika berbicara tentang selera, tentunya tidak ada batasan harus menggunakan yang mana. Tidak ada salahnya mengkombinasikan antara keramik dan granit. Toh fungsinya hampir mirip yaitu untuk menghaluskan dinding ataupun lantai.

Jika anda berpikir untuk keperluan jangka panjang dan membutuhkan sesuatu yang kuat + awet, pilihlah granit. Namun jika anda memiliki dana yg terbatas, lebih baik menggunakan keramik. Semua tergantung pilihan anda mau pilih yang mana.

Semoga dengan membaca artikel ini, anda semakin memahami Perbedaan keramik dan granit, untuk menentukan pilihan saat renovasi/membangun rumah. Jika anda ingin memiliki rumah minimalis silahkan lihat artikel berikut ini model rumah minimalis modern

Related Articles

Leave a Comment